Sehat di Segala Usia

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan. Berikut ini beberapa cara agar tubuh sehat di segala usia.

1. Konsumsi makanan yang bergizi tinggi
Buah, sayuran, serta kacang dan biji-bijian adalah pilihan terbaik. Jenis makanan seperti ini akan tetap mensuplai energi, walaupun dalam jumlah terbatas. Sangat baik terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Biasanya, di usia tersebut selera makan akan berkurang

2. Pilih makanan yang menjaga daya tahan tubuh
Seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, ikan dan makanan laut lainnya, serta daging tanpa lemak. Jenis makanan tersebut penting untuk imunitas tubuh, karena banyak mengandung vitamin E, B6, zinc dan vitamin C.

3. Makanan yang bisa memperkuat tulang
Kekuatan tulang, biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia. Makanan yang berasal dari susu sangat membantu memelihara kekuatan tulang. Susu kaya vitamin D, phospor, dan kalsium.

4. Jaga ‘kebugaran’ saluran pencernaan
Organ yang satu ini juga berkurang daya tahannya seiring bertambahnya usia. Kebiasaan kita makan sangat penting menjaga kebugarannya. Coba mengkonsumsi sekitar 20-35 gram serat setiap hari. Sumber serat bisa diambil dari gandum, sereal, kacang-kacangan, roti gandum, buah, serta sayuran.

5. Jaga kesehatan mata

Kalau tak hati-hati penyakit mata, seperti katarak, bisa menyerang Anda di usia lanjut. Beberapa penelitian menyebutkan katarak bisa dicegah oleh antioksidan. Jeruk, tomat, wortel, kentang, bawang putih, anggur, kubis, brokoli, serta kacang kedelai, merupakan sumber makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, jenis makanan tersebut bisa membuat awet muda.

6. Kurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung
Makanan sehat sangat penting dalam mencegah risiko terkena kanker. Batasi jenis makanan yang mengandung lemak seperti daging berlemak, mentega, serta barang-barang yang diawetkan. Pilih buah serta sayuran yang kaya vitamin B6, serta potassium.

7. Jaga berat badan
Selain menjaga penampilan, usaha menjaga berat badan juga penting untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, arthritis, kanker, dan penyakit lainnya.

8. Makan cukup protein
Asupan protein ke dalam tubuh bisa mempengaruhi daya tahan tubuh, dan kekuatan. Jumlah protein yang dianjurkan: Minimal 50 gram protein per hari untuk wanita, dan 65 gram perhari untuk pria.

9. Pertimbangkan penggunaan multivitamin
Kebutuhan nutrisi sangat penting untuk menjaga daya tahan, terutama ketika usia mulai beranjak tua. Hal ini seringkali diabaikan, karena itu penggunaan multivitamin layak dipertimbangkan. Apalagi kemampuan menyerap nutrisi, semakin tua, semakin berkurang. Ekstra kalsium, asam folat, vitamin E dan vitamin C juga akan membantu melindungi dari masalah kardiovaskular.

10. Jangan lupa olahraga
Latihan teratur dapat memperlambat proses penuaan. Tigapuluh menit setiap minggu jalan kaki, berenang, bersepeda, atau jenis aerobik lainnya sangat penting menjaga kesehatan jantung. Melatih kekuatan otot seperti itu (berapapun usia Anda) akan mempertahankan, bahkan memperbaiki jaringan otot. Olah raga akan membuat kita selalu bugar dan lincah. Untuk mencegah dehidrasi minum8 gelas air setiap hari.

Sumber : http://www.amarullahfatimah.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: