Hindari Kopi Bila Punya Kelainan Ginjal

Kafein yang terkandung pada kopi bisa memperburuk kelainan ginjal. Karena itu penggemar kopi yang berkemungkinan mengalami kelainan ginjal perlu mengurangi kegemarannya tersebut.

Begitu kesimpulan dari penelitian yang dilakukan Dr. Jared J. Grantham dan rekan dari University of Kansas Medical Center di Kansas City, AS.

Dalam penelitiannya, Grantham menemukan, saat sel yang diekstraksikan dari pasien dengan autosomal dominant polycystic kidney disease (ADPKD) dipaparkan pada kafein, hasilnya adalah peningkatan senyawa kimia yang memperparah penyakit.

Rincinya, paparan kafein ternyata menyebabkan tingginya tingkat kandungan yang disebut cyclic AMP (cAMP), yang merangsang tumbuhnya kista.

ADPKD adalah bentuk umum gangguan ginjal, di mana pasien memiliki risiko untuk terus mengalami peningkatan kista di dalam ginjal mereka. Kista adalah kantung-kantung berisi air yang mula-mula kecil, kemudian bisa membesar hingga sebesar anggur. Dalam berbagai kasus, jumlah kista bisa melebihi jaringan normal dan pasien perlu memperoleh transplantasi.
Sumber: Gaya Hidup Sehat

One Response

  1. Wah gue musti berenti minum kopi dong ya😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: