Syarat Dasar Diet Sehat

 

Pernahkah Anda mengalami kondisi badan jadi kurus dan tidak segar setelah menjalani program diet? Atau sebaliknya, alih-alih kurus tubuh malah melar dan tambah subur? Ingin langsing dan sehat kok malah jadi masalah.

Untuk urusan diet yang penting adalah tetap mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan jangan asal memangkas jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, ini berarti Anda juga memotong jumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjalankan program diet sebenarnya ada syarat dan aturan mainnya juga. Nah, agar diet tidak berubah menjadi musibah bagi tubuh Anda, simak syarat-syarat berikut ini!

Syarat 1: Jangan menyingkirkan golongan makanan tertentu.
Banyak orang melakukan diet ‘iseng’ dengan cara menyingkirkan golongan makanan tertentu yang dianggap musuh diet. Padahal pada saat menjalankan program diet, tubuh kita memerlukan keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan nutrisi untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Tubuh kita memerlukan air, vitamin, karbohidrat, sedikit lemak, mineral, serat dan oksigen. Perkaya diet dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah, ini akan membantu tubuh membangun sistem kekebalan.

 

Syarat 2: Perhatikan kecukupan tubuh akan protein.
Tubuh memerlukan 30 gram protein dalam sehari. Daging, susu serta produk olahan susu memiliki kandungan protein sangat tinggi. Buah dan sayuran tertentu juga ada yang mengandung protein tetapi dalam jumlah yang sedikit. Polong-polongan, padi-padian, dan kacang-kacangan bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

 

Syarat 3: Jangan singkirkan semua lemak
Tubuh kita memerlukan 50 gram lemak setiap hari. Tidak semua lemak jahat, jadi Anda tidak perlu bermusuhan dengannya. Lemak akan menjaga otot tetap licin dan kuat. Anda bisa memilih lemak ‘baik’ yang didapat dari kacang-kacangan, minyak zaitun atau advokad.

 

Syarat 4: Makan hanya pada saat lapar.
Kita bisa saja membatasi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi kadangkala tubuh susah untuk diajak kompromi. Jadi dianjurkan agar Anda makan hanya pada saat lapar, lalu jam-jam berikutnya Anda boleh mengemil buah dan sayur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: