Enggan minum susu karena takut gemuk?

Enggan minum susu karena takut gemuk? Padahal, banyak minum susu dan berdiet secara alami malah membuat Anda langsing dan berat tubuh tetap ideal.

Disini budaya minum susu memang tidak segencar minum kopi atau teh. Konsumsi susu orang Indonesia saat ini terbilang sangat rendah, sekitar dua gelas per orang setiap bulan. Jauh lebih rendah dari orang Malaysia, yang rata-rata mengonsumsi susu 10 gelas per orang setiap bulan.

Masih banyaknya perempuan yang menghindari susu dengan alasan takut gemuk juga sangat disayangkan. Susu malah dianjurkan masuk ke dalam menu diet untuk menghindari kekurangan gizi akibat pembatasan jumlah makanan.

Kalsium Bikin Langsing

Selain membentuk dan menguatkan tulang, kalsium memiliki manfaat lain, yaitu membuat tubuh menjadi langsing. Salah satu kandungan yang terdapat pada susu ini, berpengaruh besar terhadap sistem metabolisme energi dalam tubuh yang mengakibatkan melancarkan buang air besar serta membantu penghancuran lemak tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan perempuan yang mengonsumsi kalsium dalam jumlah besar, cenderung tidak memiliki masalah berat badan.

Hal ini disebabkan jika kebutuhan kalsium dalam tubuh terpenuhi, dapat meningkatkan kemampuan tubuh membakar lemak. Konsumsi kalsium yang kurang dari kebutuhan, akar merangsang penimbunan lemak dalam tubuh yang mengakibatkan bobot tubuh membengkak.

Selain itu, kadar kalsium dalam tubuh juga mempengaruhi fungsi hormon parathyroid (PTH). Bila jumlah kalsium dalam tubuh Anda relatif rendah, maka kadar hormon PTH akan meningkat. Nah, peningkatan hormon inilah yang berpotensi memicu rasa lapar.

Akibatnya, orang yang kekurangan kalsium akan makan dengan porsi lebih banyak dan sering. Dengan demikian, energi yang tersimpan dalam tubuh pun otomatis bertambah banyak. Sayangnya kebanyakan energi itu berupa lemak, yang menjadi biang pembengkakan bobot tubuh.

Sebegitu pentingnya peran kalsium dalam proses pelangsingan, maka kecukupan kalsium sebaiknya dipenuhi. Setidaknya Anda perlu tiga porsi makanan yang mengandung susu dan produk olahannya setiap hari.

Kecukupan kalsium pada tubuh tidak hanya diperoleh dari susu. Anda bisa menambahkan kuantitas kalsium pada tubuh dengan mengonsumsi sayur-sayuran yang berwarna hijau gelap seperti kangkung, bayam, dan sebagainya.

Susu Rendah Lemak

Tidak diragukan lagi, susu merupakan makanan yang hampir sempurna, karena kandungan zat gizinya yang lengkap, diantaranya sarat protein, kalsium, lemak dan mineral. Perkembangan, teknologi modern sekarang ini memungkinkan penambahan zat-zat gizi lain, seperti serat, dan vitamin dan bakteri penyeimbang ekologi usus, untuk memperkaya kandungan nutrisi dalam susu.

Ketakutan sebagian orang terhadap efek dari susu yang bisa mengakibatkan kelebihan berat badan, sebenarnya bisa disiasati dengan memilih susu berkadar lemak rendah yang sekarang ini banyak beredar di pasaran. Diantaranya, yang berlabel low fat, nonfat dan skim milk. Jadi, Anda bisa tetap menikmati khasiat susu tanpa harus takut kesehatan akan terganggu dan peningkatan berat badan.

Susu atau produk susu rendah lemak mempunyai kandungan Ca sebanyak susu full-fat, tapi tanpa kalori ekstra. For your information, segelas susu rendah lemak hanya mengandung sekitar 80 kalori, sekaligus mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain sumber kalsium, minum susu juga sangat mengenyangkan. Anda pasti pernah merasakan gara-gara minum segelas susu, jadi tidak bernafsu pada makanan lain. Hal ini dikarenakan volume susu yang dikonsumsi akan meregangkan otot-otot perut, sehingga Anda merasa kenyang. Mengonsumsi segelas susu menjelang siang dan sore benar-benar dapat membantu Anda untuk menghilangkan keinginan makan karbohidrat di malam harinya.

Sumber : http://www.kompas.com/ver1/Kesehatan/0608/09/154252.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: